Jumat, 20 November 2015

“STRATEGI PEMBELAJARAN TERPADU”



 

“STRATEGI PEMBELAJARAN TERPADU”
(Teori, Konsep & Implementasi)

 

Penulis Buku:
1.      Isriani Hardini, S.S.,M.A
2.      Dewi Puspitasari, M.Pd


Cetakan I Februari 2012
ISBN: 978-602-9434-06-4
Jumlah halaman: 230

Buku Diterbitkan Oleh:
Familia (Group Relasi Inti Media)
Yogyakarta
 
Dalam dunia pendidikan pada khususnya kegiatan belajar mengajar, strategi pembelajaran sangat diperlukan demi keberhasilan  proses pembela-jaran. Belajar mengajar adalah suatu kegiatan yang bernilai edukatif yang di dalamnya terdapat interaksi antara pengajar / guru dengan peserta didik.
Strategi belajar mengajar terdiri atas semua komponen materi pengajaran dan prosedur yang akan digunakan  untuk membantu siswa mencapai tujuan pengajaran tertentu.
Belajar menurut Gage adalah suatu proses dimana suatu organism berubah perilakunya akibat dari pengalaman. Sedangkan menurut Robert M. Gagne, belajar adalah  suatu proses yang kompleks dan hasil belajar berupa kapabilitas, timbulnya kapabilitas disebabkan  stimulasi yang berasal dari lingkungan dan proses kognitif yang dilakukan oleh pelajar.
Tipe belajar menurut Robert M. Gagne ada 8 macam yaitu:
1.      Signal Learning (Belajar Isyarat)
2.      Stimulus Respons Learning (Belajar-Stimulus Respons)
3.      Chaining (Rantai atau Rangkaian)
4.      Verbal Association (Asosiasi Verbal)
5.      Discrimination Learning ( Belajar Diskriminasi)
6.      Concept Learning (Belajar Konsep)
7.      Rule Learning ( Belajar Aturan)
8.      Problem Solving (Pemecahan Masalah)
Strategi artinya suatu garis besar haluan untuk bertindak dalam usaha mencapai sasaran yang telah ditentukan. Sedangkan strategi belajar  adalah pola umum kegiatan guru dan peserta didik dalam perwujudan kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah digariskan. Strategi PBM menurut JR David meliputi rencana, metode, dan perangkat kegiatan pembelajaran. Metode adalah cara untuk mencapai sesuatu. Metode merupakan salah satu yang ada  dalam strategi. Metode dalam pembelajaran diantaranya adalah metode ceramah, tanya jawab, diskusi, kerja kelompok, pemberian tugas, demonstrasi, inkuiri, sosio drama atau bermain peranan, problem solving, team teaching, latihan (drill), dan juga karya wisata.
Strategi pokok yang dilakukan kaitannya dengan belajar ada 4 yaitu:
1.      Identifikasi dan menetapkan spesifikasi dan kualifikasi perubahan tingkah laku kepribadian peserta didik.
2.      Memilih pendekatan belajar mengajar yang paling tepat dan efektif.
3.      Memilih dan menetapkan prosedur, metode dan teknik belajar mengajar.
4.      Menetapkan norma atau criteria keberhasilan sebagai ukuran.
Tahapan mengajar yang harus diperhatikan oleh guru dalam melaksanakan strategi mengajar ada 3 yaitu: (1) tahapan prainstruksional, (2) Instruksional, (3) Tahap penilaian dan tindak lanjut.
Jenis-jenis strategi belajar mengajar dapat dikelomp[okkan berdasarkan berbagai pertimbangan sebagai berikut:
1.      Atas Dasar pertimbangan proses pengolahan pesan:
a.    Strategi deduktif (dari umum ke khusus)
b.    Strategi induktif (dari khusus ke umum)
2.      Atas Dasar pertimbangan pihak pengolah pesan:
a.       Strategi ekspositorik (bahan dan materi pelajaran diolah oleh guru)
b.      Strategi heuristic (bahan dan materi pelajaran diolah oleh siswa)
3.      Atas dasar pertimangan pengaturan guru:
a.       Strategi seorang guru
b.      Strategi pengajaran beregu
4.      Atas dasar pertimbanagn jumlah sisw:
a.         Klasikal
b.         Kelompok kecil
c.         Individual
5.      Atas pertimbangan interaksi guru dengan siswa:
a.         Tatap muka
b.         Melalui media pembelajaran
Menuru E Mulyasa, ada 6 stategi pembelajaran yang cocok bisa digunakan dalam pembelajaran yaitu:
1.      Pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching Learning)
2.      Bermain peran (Role Playing)
3.      Pembelajaran partisipatif (Participative Teaching and Learning)
4.      Belajar tuntas ( Mastery Learning)
5.      Pembelajaran dengan modul (Modular Instruction)
6.      Pembelajaran Inkuiri
Faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan strategi belajar mengajar adalah:
1.      Karakteristik peserta didik
2.      Kompetensi dasar yang diharapkan
3.      Bahan ajar
4.      Waktu yang tersedia
5.      Sarana dan prasarana belajar
6.      Kemampuan / kecakapan pengajar memilih dan menggunakan strategi PBM
Kriteria pemilihan strategi belajar mengajar menurut Gerlanch dan Ely adalah:
1.      Efisiesi
2.      Efektifitas
3.      Kriteriayang lain yaitu tingkat keterlibatan siswa dan kemampuan siswa
Pengembangan Strategi dalam pembelajaran harus senantiasa dilakukan untuk menumbuhkan semangat dalam belajar. Diantara pengembangan strategi pembelajaran adalah:
1.      Pembelajaran PAIKEMI
2.      Pembelajaran Pemecahan masalah (Problem Solving)
3.      Pembelajaran Ranah Motorik (pelatihan industry, pelatihan, laboratorium)
4.      Pembelajaran Kreatif produktif, pembelajaran berbasis proyek dan pembelajaran kuantum
5.      Pembelajaran siklus, pembelajaran generative, belajar tuntas dan pembelajaran kooperatif
6.      Pembelajaran berbasis computer dan pembelajaran berbasis elektronik (E-Learning).
Strategi Pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Strategi pembelajaran PAI merupakan salah satu upaya untuk menerapkan bagaimana nilai-nilai ajaran agama Islam yang ada pada tiap materi mampu diserap, dihayati serta bisa diamalkan oleh peserta didik.
Pendidikan agama adalah untuk meningkatkan potensi spiritual dan membentuk peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia. Peningkatan potensi spiritual mencakup: pengenalan, pemahaman, penanaman dan pengamalan nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan sehari-hari.
Untuk mencapai tujuan itu maka perlu pembelajaran yang efektif dengan menggunakan strategi yang  cocok untuk diterapkan dalam pembelajaran. Strategi dan metode yang bervariatif perlu dipersiapakan demi tercapainya tujuan pembelajaran. Hal ini diperlukan untuk memberikan motivvasi dan semangat belajar kepada siswa dan siswa merasa tertantang untuk belajar.
Suatu kenyataan bahwa saat ini banyak guru yang hanya menggunakan strategi pembelajaran dan metode yang klasik yaitu ceramah, tanya jawab dan penugasan. Strategi umum yang dilakukan guru adalah guru memulai dengan membacakan materi dan diikuti siswa, lalu menjelaskan materi kemudian diselingi dengan tanya jawab yang diulang-ulang supaya siswa dapat menghafalnya atau guru menuliskan materi di papan tulis kemudian dibacanyabaik berkelompok atau perorangan.
Strategi pengembangan pembelajaran PAI dapat dilakukan dengan 4 pendekatan yaitu:
1.      Pendekatan structural
2.      Pendekatan formal
3.      Pendekatan mekanik
4.      Pendekatan organic
Komentar saya terhadap buku tersebut:
UU Sisdiknas tahun 2003 pasal 1 menyatakan bahwa pendidikan adalah usaha yang sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara.
Guru sebagai seorang pendidik memiliki tugas untuk melaksanakan PBM. Dalam upaya meningkatkan pembelajaran maka diperlukan strategi pembelajaran sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan tujuan yang ingin dicapai dapat benar-benar tercapai secara maksimal.
Strategi ini berguna bagi guru dan siswa. Bagi guru, strategi digunakan untuk pedoman dan acuan bertindak dan bagi siswa, dapat mempermudah proses belajar dan mempercepat pemahaman isi pembelajaran.
Strategi dan metode yang ditulis dalam buku tersebut sudah banyak dijelaskan sampai pada tata cara melakukannya. Dalam memilih strategi dan metode tentu harus memperhatikan bebarapa hal diantaranya adalah tujuan, materi, keadaan siswa dan lain – lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar